GEBYAR MUHARAM SD PELITA PASAR MINGGU

Senin, 09 September 2019 ~ Oleh Ahmad Fauzi ~ Dilihat 319 Kali

Oleh : Zarkasi, S.Ag

Menyambut tahun baru Islam, 1 Muharam 1441 H yang jatuh pada tanggal 1 September 2019 M, Keluarga Besar SD Pelita Pasar Minggu melaksanakan rangkaian kegiatan yang bertemakan “Hijrah Pintu Kesuksesan”.

“Kegiatan tahun baru Islam 1441 H diharapkan dapat menjadi momentum seluruh warga sekolah untuk memperbaiki diri menjadi insan yang lebih baik. Memaknai hijrah secara hakiki, berpindah dari malas menjadi rajin, berpindah dari akhlak mazmumah menjadi akhlak mahmudah, berpindah dari berbuat amal salah menjadi amal saleh”, ungkap kepala sekolah SD Pelita, Neneng Hernawati, S,Pd.  Dalam sambutannya.

Kegiatan diawali dengan kegiatan pawai taaruf tahun baru Islam di sekitar lingkungan sekolah yang diikuti peserta didik kelas 4, 5, dan 6 dengan didampingi dewan guru. Sementara, peserta didik kelas 1, 2, 3 ikut menyemarakkan di halaman sekolah.

Selesai kegiatan pawai, acara  dilanjutkan dengan kegiatan lomba. Beragam lomba yang digelar antara lain nasyid/selawat, Puitisasi Alquran, Lantunan Asmaul Husna, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Musabaqah Hifzil Quran (MHQ), Azan, Cerdas Cermat PAI, Pidato, dan Shohibul Hikayat.

“Ragam lomba yang kita laksanakan banyak mengacu pada Lomba Keterampilan Keagamaan (LOKETA) yang diselenggarakan dinas pendidikan, dengan harapan kegiatan ini memunculkan bibit unggul yang bisa ditampilkan dalam ajang LOKETA nantinya, sambil menyelam mencari mutiara “ tutur Pepen Efendi, S.PdI. ketua panitia Gebyar Muharam 1441 H.

Kegiatan lomba diikuti dengan sangat antusias oleh peserta didik, kelas 1 misalnya, mereka sangat bersemangat melantunkan nasyid/selawat, dari mulut-mulut kecil mereka keluar suara yang menyejukkan hati dan telinga lewat lantunan nasyid/selawat meski kadang harus terbata-bata.

Sementara itu, Naura Anyelir mengaku sangat senang sekali bisa berpartisipasi dalam kegiatan lomba, khususnya lomba shohibul hikayat. “Dibutuhkan keberanian, kepercayaan diri, dan latihan untuk bisa bercerita di depan umum”, ujarnya.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan pemberian santunan kepada yatim dan dhuafa di lingkungan SD Pelita. Kegiatan ini bertujuan mengedukasi peserta didik untuk memiliki rasa simpati dan empati  sejak dini kepada yatim dan dhuafa. Sebelum santunan juga disampaikan tausiah agama oleh salah seorang guru SD Pelita, Ust. Zaenal Muharom, S. Ag.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Neneng Hernawati, S.Pd

    Assalamu’alaikum Wr. Wb   Selamat datang di website resmi SD Pelita Pasar Minggu Puji dan syukur kami haturkan…

Selengkapnya

FANPAGE FB